+62 852 61706371
khairul.amri99@gmail.com

Arabica Shake dan Manfaatnya

Arabica Shake dan Manfaatnya

Kopi memang selalu lengkap dengan keunikannya, mulai dari jenis hingga rasa yang terkandung di dalamnya. Kopi sendiri memiliki beberapa jenis, seperti Arabica, Robusta, Ekselsa hingga Liberica. Setiap jenisnya memiliki karakter masing-masing.

Selain itu, ketinggian penanaman bagi setiap jenis kopi juga mempengaruhi karakter kopi dari rasa yang di hasilkan. Untuk Arabica menghasilkan rasa yang beraneka ragam, sebaiknya di tanam ketinggian di atas 1.000 mdpl sedangkan untuk Robusta, Ekselsa dan Liberica dapat di tanam di ketinggian di bawah 1.000 mdpl.

Proses pasca panen dari kopi juga mempengaruhi rasa yang tercipta dari kopi. Proses pasca panen tersebut terdiri dari natural process (dry process), washed process dan hybrid process. Natural Process atau Dry Process merupakan proses pemilihan biji kopi merah layak panen, proses pengeringan atau penjemuran langsung di bawah matahari.

Washed Process dengan merendam biji merah kopi, dimana perendaman ini adalah proses penyortiran untuk memilah biji. Biji yang mengapung akan di buang dan biji tenggelam adalah biji yang telah matang dan siap di proses selanjutnya.

Sedangkan Hybrid Process gabungan dari kedua proses sebelumnya, dimana proses ini terdapat pula tiga model pemerosesan yakni pulped natural process, honey process dan semi-washed. Namun, kita tidak akan membahas detail terkait ketiga proses tersebut. Kita akan bahas pada artikel lainnya.

Apa itu Arabica Shake?

Arabica Shake merupakan salah satu menu di sebuah coffee shop di Medan yakni Coffee Coach, terletak di Jalan Arteri Ringroad No. 33, Medan bersebelahan dengan Besar Kaca Film Ringroad. Sebuah coffee shop berkonsep family vanue yang memadukan kopi dengan literasi. Banyak buku-buku di setiap raknya, bebas asap rokok dan bebas polusi suara musik.

Cocok untuk kamu yang mau kerja, diskusi, rapat dan membawa keluarga. Tempat yang tepat untuk kamu yang masih berstatus mahasiswa dan sedang berjuang dengan skripsi, tesis ataupun disertasi. Saya sering melihat mahasiswa berkumpul di sana, baik sekadar diskusi maupun rapat. Beberapa sepasang suami istri juga sering terlihat bersama anak-anaknya.

Kita kembali pada menu mereka yakni Arabica Shake, kami coba berdiskusi dengan baristanya. Apa saja bahan yang terkandung dalam menu tersebut, ia pun bercerita begini:

“Arabica Shake ini terdiri dari kopi jenis Arabica, Madu dan Es Batu. Nah, jenis Arabica-nya bisa single origin ataupun pasca panen. Kami biasa menggunakan Wine, Black Wine, Mandailing, Sipirok dan Peaberry. Lalu kesemuanya di masukkan dalam shaker dan mulailah di shake, hingga akhirnya jadilah menu Arabica Shake”.

Menu ini menjadi salah satu menu favorit di sana, banyak pengunjung yang menikmati menu tersebut. Kabarnya sejak di rilis, menu tersebut masih terus merajai peringkat menu best seller disana. Setelah kami Googling, kopi memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, begitu pula dengan madu. Sehingga kami memastikan bahwa perpaduan dari keduanya sangat cocok sebagai minuman sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *